Senin

SAFETY RIDING COURSE OLEH SATLANTAS POLRESTA


Sabtu, 30 Juni 2012. Satlantas Polresta Melakukan Kegiatan Pelatihan Safety Riding Course Yang Di Sajikan Dalam Bentuk Teori Dan Praktek. Dalam Ujian Teori Di Jelaskan Seputar Keselamatan Berkendara, Pentingnya Pemanasan Tubuh Saat Berkendara, Kesiapan Kendaraan, Posisi Berkendara Yang Ideal Dan Lain-lain.


Kesiapan Berkendara Yang Diperlukan untuk Sepeda Motor Antara Lain :
  • Sarung Tangan, Sebaiknya Memiliki Lapisan Yang Dapat Menutupi Kedua Belah Tangan Yang Dapat Menyerap Keringat Serta Tidak Licin Saat Memegang Grip/handle Motor
  • Jacket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan baik kecil maupun besar.
  • Helm (minimal Half Face), sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala, poin inilah yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm ‘catok’ dan sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki.
Secara Umum Untuk Pelatihan Praktek Safety Riding Di Ajarkan Sebagai Berikut :
  • Teknik pengereman dengan hanya mengandalkan rem depan, rem belakang, dan kombinasi keduanya. Teknik ini untuk membiasakan bikers untuk membedakan fungsi dua sisi rem saat hendak berhenti ber-akselerasi.
  • Teknik “slalom” dengan cone di lintasan. Teknik ini untuk melihat kemampuan peserta menikung dengan cepat dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya dengan asumsi kendaraan sedang.



  • Teknik berjalan di lintasan ala “bumpy-road” , teknik ini untuk membiasakan bikers untuk memberi kenyamanan saat jalan tidak mulus atau bergelombang.
  • Teknik berkendara di lintasan lurus dan sempit berupa bilah dengan asumsi kendaraan berjalan di jalan kecil dan diliputi kemacetan. Teknik ini untuk membiasakan diri bagi bikers untuk tetap dapat melakukan handling tanpa menurunkan kaki dalam kecepatan rendah.

  • Perangkat keamanan, semacam decker lutut dan siku plus helm menjadi wajib untuk peserta pelatihan Safety Riding.
Dari Kegiatan Safety Riding yang di laksanakan diharapkan pengendara dapat mengutamakan keselamatan berkendara serta keselamatan pengguna jalan yang lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.